Skip to main content

BAB II KURIKULUM 2013 PAUD

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada Alloh SWT, kali ini saya diberikan lagi kesempatan untuk melanjutkan BAB II dalam penulisan Kurikulum 2013 PAUD yang sebelumnya sudah saya bagikan untuk BAB I nya. Tanpa berlama-lama saya akan membagikan BAB II Kurikulum 2013 PAUD, sebagai berikut :
BAB II  
PENDAHULUAN

  1. Latar  Belakang
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi, tuntutan masyarakat, perubahan paradiqma pendidikan dan otonomi daerah membawa dampak pada pendidikan, sehingga kurikulum TK perlu dikembangkan untuk menyikapi perubahan perubahan tersebut.
Dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan,  Permendikbud no. 137 th 2014 tentang Standart Nasional PAUD ;
Permendikbud no. 146 th 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD ;    Permendikbud no. 160 th 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 PAUD  ; 

Pengembangan program pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan perkembangan anak. program pembelajaran mencakup perencanaan, pendekatan, dan strategi pembelajaran, serta penilaian yang disusun secara sistimatis. oleh karena itu pengembangan program pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam proses pendidikan.
Program pembelajaran disusun untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang beragam selaras dengan tumbuh kembang anak dengan tetap memperhatikan budaya daerah dan karakter bangsa melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.  

Kurikulum adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum terdiri dari :
  • Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan,
  • Struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan,
  • Kalender pendidikan, dan
  • Silabus
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, serta penilaian dan proses capaian perkembangan. yang mencangkup :
  • Tingkat Satuan Pendidikan,
  • Kopetensi Inti
  • Kompetensi Dasar 
  • Sumber/bahan/alat belajar,
  • Kegiatan pembelajaran,
  • Indikator
  • Penilaian,
  • Alokasi waktu.
Silabus merupakan penjabaran Kompetensi Inti juga Kompetensi Dasar dan Hasil Belajar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Kurikulum ini disusun dan dikembangkan oleh satu tim penyusun yang terdiri kepala TK, guru-guru, dan komite sekolah dengan pendampingan oleh narasumber dari Tim Pengembang Kurikulum di bawah koordinasi Dinas Pendidikan ...............
Pengembangan Kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut.
  • Berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak.
  • Berorientasi pada kebutuhan anak.
  • Bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain.
  • Menggunakan pendekatan tematik.
  • Kreatif dan inovatif.
  • Lingkungan kondusif
  • Mengembangkan kecakapan hidup
Pada akhirnya Kurikulum Taman Kanak-Kanak ......................................... ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan bahwa apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum (guru) yang akan membumikan Kurikulum ini dalam proses pembalajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi peserta didik, sehingga peserta didik betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di Taman Kanak-Kanak hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, efektif, demokratis, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan semangat seperti itulah Kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Taman Kanak-Kanak ...............................................

2. Tujuan
  • Tujuan penyusunan Kurikulum ini untuk 
  • Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumber daya yang ada.
  • Acuan bagi satuan pendidikan TK dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum memberi panduan dan arah kepada guru TK agar dapat mengembangkan model-model pembelajaran yang tepat sesuai dengan bidang-bidang pengembangan anak TK untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
3. Dasar
  1. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Intruksi Presiden RI Nomor 6 tahun 2009 tentang Pencanangan Nasional Pendidikan Budaya dan Karakter bangsa melalui Pembelajaran Aktif
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  4. Presiden RI nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan anak usia dini holiatik-integratif
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 84 tahun 2014 tentang pendirian satuan PAUD
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013  Pendidikan Anak Usia Dini
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
  9. Gubernur Jawa Timur nomor 15 tahun 2013 tentang perubahan atas Keputusan Gubernur nomor 63 tahun 2011 tentang pengembangan anak holistik-integratif provinsi Jawa Timur.
  10. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran / Kurikulum taman kanak-kanak.
Demikian BAB II yang dapat saya bagikan untuk kesekian kalinya saya sampaikan bahwa tulisan ini hanya sebagai referensi saja bagi kita semua jadi mohon maaf apabila tulisan yang saya bagikan masih jauh dari kata sempurna semoga bermanfaat. Selanjutnya saya akan bagikan untuk BAB III Kurikulum 2013 PAUD setelah saya menunaikan ibadah sholat ashar, Terimakasih......






Comments

Popular posts from this blog

CONTOH COVER dan LEMBAR PENGESAHAN KURIKULUM 2013 PAUD

Para pembaca, berikut ini saya bagikan contoh lembar pengesahan kurikulum 2013 PAUD, mohon koreksi apabila ada kesalahan pada tulisan saya ini.                    PEMERINTAH KABUPATEN ................................................... DINAS PENDIDIKAN UNIT PELAKSANA TEHNIS DINAS TAMAN KANAK - KANAK ...................................................................... JL. ............................................................... TELP. …… -.................   KODE POS...............                                                                      KURIKULUM 2013 TK ................................................................ TAHUN PELAJARAN 2017...

CONTOH RPPH PAUD 2013 TEMA AIR, UDARA, API MINGGU KE-10

Berikut ini saya bagikan contoh RPPH PAUD 2013 Tema Air, Udara, Api sebagai bahan referensi bagi kita semua dalam mempersiapkan pembelajaran baik secara administrasi ataupun secara prakteknya. RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) TK DARUSALAM TAYEM Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 1 Hari /tgl :   ………………………………………. Kelompok usia :   B Tema/sub tema :   Api  /  Guna api KD :  1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .2 – 4.2 – 3.4 – 4 .4 – 3 .12 – 4 .12  Materi :   Air ciptaan Tuhan Bersyukur atas nikmat Tuhan Menjaga kebersihan lingkungan Mengetahui sebab akibat Perilaku baik / buruk Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan Simpati terhadap orang yang terkena musibah Alat – alat Huruf awal sama Kegiatan main  : Kelompok dengan kegiatan pengaman  Alat dan bahan :   Lilin Lampu tempel Kertas  Pensil   Karakter :...

BAB V, VI, VII KURIKULUM 2013 PAUD

Berikut ini saya bagikan untuk BAB V, BAB VI, BAB VII Kurikulum 2013 PAUD sebagai lanjutan dari BAB I, II, III, dan BAB IV yang sudah saya bagikan sebelumnya. BAB  V STRUKTUR  KURIKULUM STRUKTUR KURIKULUM Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan Kompetensi Inti yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap Kompetensi Inti di TK dituangkan dalam Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan Indikator dalam struktur kurikulum. Kompetensi Inti yang dimaksud terdiri atas Kompetensi Dasar yang dikembangkan melalui materi atau program program yang disusun oleh TK.. Struktur kurikulum Taman Kanak-Kanak Darusalam meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan pada usia anak 4 - 6 tahun. Struktur kurikulum TK disusun berdasarkan standar pendidikan anak usia dini yang meliputi ; Sikap Spiritual Sikap Sosial Pengetahuan Ketrampilan Kegiatan Pengembang...