Skip to main content

CONTOH RPPH PAUD 2013 TEMA AIR, UDARA, API MINGGU KE-10

Berikut ini saya bagikan contoh RPPH PAUD 2013 Tema Air, Udara, Api sebagai bahan referensi bagi kita semua dalam mempersiapkan pembelajaran baik secara administrasi ataupun secara prakteknya.

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM

Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 1
Hari /tgl :   ……………………………………….
Kelompok usia :   B
Tema/sub tema :   Api  /  Guna api

KD :  1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .2 – 4.2 – 3.4 – 4 .4 – 3 .12 – 4 .12 
Materi :  
    • Air ciptaan Tuhan
    • Bersyukur atas nikmat Tuhan
    • Menjaga kebersihan lingkungan
    • Mengetahui sebab akibat
    • Perilaku baik / buruk
    • Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
    • Simpati terhadap orang yang terkena musibah
    • Alat – alat
    • Huruf awal sama
Kegiatan main  : Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat dan bahan :  
    • Lilin
    • Lampu tempel
    • Kertas
    •  Pensil  
Karakter :    Rasa ingin tahu      
     
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
  1. Penerapan SOP pembukaan
  2. Berdiskusi tentang api
  3. Berdiskusi tentang guna api
  4. Tari lilin
  5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
  1. Mengamati lilin / lampu
  2. Mewarnai gambar lilin
  3. Menghitung jumlah lilin ( ganjil , genap )
  4. Melengkapi huruf awal di bawah gambar
C.RECALLING:
  1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
  2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
  3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
  4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
  5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
  1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
  2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
  3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
  4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
  5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN

1. Sikap
  1. Mensyukuri atas nikmat Tuhan
  2. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
  1. Dapat  menyebutkan guna api
  2. Dapat  menirukan tari lilin
  3. Dapat  mengamati lilin / lampu yang dinyalakan
  4. Dapat  menghitung jumlah lilin
  5. Dapat  mewarnai gambar lilin
  6. Dapat  melengkapi huruf awal di bawah gambar
INDIKATOR PENILAIAN
Tabel program perkembangan
Nilai agama & moral
1.1-1.2 -2.13-3.1- 4.1- 3.2- 4.2
Fisik motorik
2.1- 3.3- 4.3- 3.4- 4.4
Kognetif
2.2-2.3 - 3.5 -4.5 -3.6 -4.6 -3.7 -4.7 -3.8 -4.8 -3.9-4.9
Bahasa
2.14 -3.10 -4.10 -3.11-4.11 -3.12 -4.12
Sosial emosional
2.5 - 2.6 -2.7-2.8 -2.9 -2.10 -2.11- 2.12 -3.13 -4.13
seni
2.4 -3.15- 4.15

NO
Program Perkembangan
KD
Indikator

1
Nilai agama & moral



2
Fisik motorik



3
Kognetif



4
Bahasa



5
Sosial emosional



6
seni




1.Teknik Penilaian
Ø  HASIL KARYA
HASIL KARYA ANAK
HASIL PENGAMATAN
Nama :
Hasil :

Nama :
Hasil :


CATATAN ANEKDOT
Tanggal : 
Usia / Kelas :
NAMA
TEMPAT
WAKTU
PERILAKU / PERISTIWA
















  • Ceklis Perkelas
  • Format Skala Capaian Perkembangan Harian
  • Kelompok :…………………Tanggal: ……………..………

NO
INDIKATOR PENILAIAN
DONA
IDA
NITA
ADI
AGUS
DST
























































  • Ceklis Per anak
  • Format Skala Capaian Perkembangan Harian
  • Nama :           Kelompok : 
  • Minggu :    Bulan : 

NO
INDIKATOR PENILAIAN
TANGGAL






1

BSH





2.

MB





3.

MB





4.

BSH





5

MB





6.

MB





7

MB





8.

BB





Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok       





RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM

Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 2
Hari /tgl :   ……………………………………….
Kelompok usia :   B
Tema/sub tema :   Api  /  Guna api
KD :  1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .2 – 4.2 – 3.4 – 4 .4 – 3 .12 – 4 .12
Materi :   
  • Api ciptaan Tuhan
  • Bersyukur atas nikmat Tuhan
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Mengetahui sebab akibat
  • Perilaku baik / buruk
  • Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
  • Simpati terhadap orang yang terkena musibah
  • Alat – alat
  • Huruf awal sama
Kegiatan main :      Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat dan bahan
  •  Alat memasak air
  • Kartu huruf
  • Kertas
  • Pensil  
Karakter :    Kreatif          
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
  1. Penerapan SOP pembukaan
  2. Berdiskusi tentang api
  3. Berdiskusi tentang guna api
  4. Merebus air di atas  kompor
  5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
  1. Menyanyi lagu api
  2. Menyempurnakan / menjplak gambar kompor
  3. Mengurutkan pola ( lilin , dop , api unggun )
  4. Memasangkan kartu huruf sesuai benda
C.RECALLING:
  1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
  2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
  3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
  4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
  5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
  1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
  2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
  3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
  4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
  5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1.  Sikap
  1. Mensyukuri nikmat Tuhan
  2. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
  1. Dapat  menyebutkan guna api
  2. Dapat  menyanyi lagu api
  3. Dapat  menyempurnakan gambar kompor
  4. Dapat  mengurutkan pola
  5. Dapat  memasangkan kartu huruf sesuai benda
  6. Dapat  menceritakan cara menggunakan kompor








RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM


Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 3
Hari /tgl :   ……………………………………….
Kelompok usia :   B
Tema/sub tema :   Api  / Sumber api
KD :  1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .4 – 4.4 – 3.10 – 4 .10.
Materi :  
  •  Api ciptaan Tuhan
  • Bersyukur atas nikmat Tuhan
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Mengetahui sebab akibat
  • Perilaku baik / buruk
  • Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantua
  • Alat – alat
  • Menirukan 3 – 4 urutan kata
Kegiatan main :      Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat dan bahan
  • Batang korek api
  • Batu
  • Kertas
  • Pensil  
Karakter :    Peduli lingkungan          
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
  1. Penerapan SOP pembukaan
  2. Berdiskusi tentang api
  3. Berdiskusi tentang sumber – sumber api
  4. Tepuk api
  5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
  1. Menyebutkan sumber – sumber api
  2. Menghitung batang korek api 
  3. Membuat bentuk api unggun dari batang korek api
  4. Mencoba membuat api dengan menggesekkan batu
C.RECALLING:
  1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
  2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
  3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
  4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
  5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
  1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
  2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
  3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
  4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
  5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
  1. Bersyukur atas nikmat Tuhan
  2. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
  1. Dapat  menyebutkan guna api
  2. Dapat  menyebutkan sumber api
  3. Dapat  menghitung batang korek api
  4. Dapat  membuat bentuk api unggun dari batang korek api
  5. Dapat  melakukan tepuk api
  6. Dapat  mencoba membuat api dengan menggesekkan batu
                                                    




RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM


Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 4
Hari /tgl :   ……………………………………….
Kelompok usia :   B
Tema/sub tema :   Api  / Sumber api
KD :  1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .4 – 4.4 – 3.10 – 4 .10.
Materi :   
      • Api ciptaan Tuhan
      • Bersyukur atas nikmat Tuhan
      • Menjaga kebersihan lingkungan
      • Mengetahui sebab akibat
      • Perilaku baik / buruk
      • Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantua
      • Alat – alat
      • Menirukan 3 – 4 urutan kata
Kegiatan main :      Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat dan bahan:  
    • Kabel
    • Lampu belajar
    • Kertas
    • Pensil  
Karakter :    Peduli sosial           

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
    1. Penerapan SOP pembukaan
    2. Berdiskusi tentang api
    3. Berdiskusi tentang sumber – sumber api
    4. Berjalan lurus sepanjang kabel direntangkan
    5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
    1. Mengukur panjang kabel 
    2. Membuat urutan bilangan
    3. Mengisi pola bentuk garis pada gambar lampu belajar
    4. Membedakan perilaku benar dan salah 
C.RECALLING:
    1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
    2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
    3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
    4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
    5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
    1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
    2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang              paling disukai
    3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
    4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
    5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
      1. Bersyukur atas nikmat Tuhan    
      2. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
      1. Dapat  menyebutkan sumber api
      2. Dapat  berjalan lurus sepanjang kabel direntangkan
      3. Dapat  mengukur panjang kabel
      4. Dapat  membuat urutan bilangan
      5. Dapat  mengisi pola bentuk garis pada gambar lampu belajar
      6. Dapat  membedakan perilaku benar dan salah





RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM

Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 5
Hari /tgl :   ……………………………………….
Kelompok usia :   B
Tema/sub tema :   Api  / Sifat api
KD :  1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.11 – 3 .4 – 4.4 – 3.6 – 4 .6 – 3 .8 – 4 .8 – 3.12 – 4 .12
Materi :  
    • Api ciptaan Tuhan
    • Bersyukur atas nikmat Tuhan
    • Menjaga kebersihan lingkungan
    • Mengetahui sebab akibat
    • Perilaku baik / buruk
    • Menyesuaikan diri dengan orang lain
    • Alat – alat
    • Sifat api
    • Proses kerja api
    • Huruf awal sama
Kegiatan main :      Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat dan bahan :
    • Kertas
    • Arang
    • Kertas
    • Pensil  
Karakter :    Mandiri          
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
    1. Penerapan SOP pembukaan
    2. Berdiskusi tentang api
    3. Berdiskusi tentang sifat api
    4. Bermain kata berantai
    5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
    1. Membakar kertas
    2. Menggambar bebas dengan arang
    3. Mengelompokkan kata yang mempunyai huruf awal sama
    4. Menceritakan proses terjadinya abu / arang
C.RECALLING:
    1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
    2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
    3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
    4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
    5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
    1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
    2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang              paling disukai
    3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
    4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
    5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
      1. Bersyukur atas nikmat Tuhan
      2. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
      2.. Pengetahuan dan   ketrampilan
      1. Dapat  menceritakan proses terjadinya abu
      2. Dapat  melakukan permainan fisik kata berantai
      3. Dapat  mencoba membakar kertas
      4. Dapat  menggambar bebas dengan arang
      5. Dapat  mengelompokkan kata yang mempunyai huruf awal saama










RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM

Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 6
Hari /tgl :   ……………………………………….
Kelompok usia :   B
Tema/sub tema :   Api  / Bahaya api
KD :  1.1 – 1.2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.10 – 3 .1 – 4.1 – 3.2 – 4 .2 – 3 .5 – 4 .5 – 3.12 – 4 .12
Materi :  
      • Api ciptaan Tuhan
      • Bersyukur atas nikmat Tuhan
      • Menjaga kebersihan lingkungan
      • Mengetahui sebab akibat
      • Perilaku baik / buruk
      • Toleransi
      • Beribadah
      • Simpati terhadap orang yang terkena musibah kebakaran
      • Konsep penjumlahan 
      • Cerita tentang kebakaran
Kegiatan main :      Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat dan bahan
      • Gambar
      • Alat pemadam api
      • Kertas
      • Pensil  
Karakter :    Toleransi           
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
    1. Penerapan SOP pembukaan
    2. Berdiskusi tentang api
    3. Berdiskusi tentang bahaya api
    4. Dramatisasi kebakaran ( memadamkan api )
    5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
    1. Bercerita tentang kebakaran
    2. Membedakan dua benda  
    3. Menyebutkan benda yang mudah terbakar
    4. Mencocok gambar alat pemadam api
C.RECALLING:
    1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
    2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
    3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
    4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
    5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
    1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
    2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang              paling disukai
    3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
    4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
    5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
      1. Menumbuhakan sikap peduli sosial
      2. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
      1. Dapat  menceritakan bahay api
      2. Dapat  melakukan dramatisasi memadamkan kebakaran
      3. Dapat  bercerita tentang kebakaran
      4. Dapat  membedakan dua benda
      5. Dapat  menyebutkan benda yang mudah terbakar
      6. Dapat  mencocok gambar alat pemadam api

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH COVER dan LEMBAR PENGESAHAN KURIKULUM 2013 PAUD

Para pembaca, berikut ini saya bagikan contoh lembar pengesahan kurikulum 2013 PAUD, mohon koreksi apabila ada kesalahan pada tulisan saya ini.                    PEMERINTAH KABUPATEN ................................................... DINAS PENDIDIKAN UNIT PELAKSANA TEHNIS DINAS TAMAN KANAK - KANAK ...................................................................... JL. ............................................................... TELP. …… -.................   KODE POS...............                                                                      KURIKULUM 2013 TK ................................................................ TAHUN PELAJARAN 2017...

BAB V, VI, VII KURIKULUM 2013 PAUD

Berikut ini saya bagikan untuk BAB V, BAB VI, BAB VII Kurikulum 2013 PAUD sebagai lanjutan dari BAB I, II, III, dan BAB IV yang sudah saya bagikan sebelumnya. BAB  V STRUKTUR  KURIKULUM STRUKTUR KURIKULUM Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan Kompetensi Inti yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap Kompetensi Inti di TK dituangkan dalam Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan Indikator dalam struktur kurikulum. Kompetensi Inti yang dimaksud terdiri atas Kompetensi Dasar yang dikembangkan melalui materi atau program program yang disusun oleh TK.. Struktur kurikulum Taman Kanak-Kanak Darusalam meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan pada usia anak 4 - 6 tahun. Struktur kurikulum TK disusun berdasarkan standar pendidikan anak usia dini yang meliputi ; Sikap Spiritual Sikap Sosial Pengetahuan Ketrampilan Kegiatan Pengembang...