Berikut ini saya bagikan contoh RPPH PAUD 2013 Tema Air, Udara, Api sebagai bahan referensi bagi kita semua dalam mempersiapkan pembelajaran baik secara administrasi ataupun secara prakteknya.
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM
Semester/Minggu ke/Hari ke : II / 10 / 1
Hari /tgl : ……………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Api / Guna api
KD : 1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .2 – 4.2 – 3.4 – 4 .4 – 3 .12 – 4 .12
Materi :
- Air ciptaan Tuhan
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Mengetahui sebab akibat
- Perilaku baik / buruk
- Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
- Simpati terhadap orang yang terkena musibah
- Alat – alat
- Huruf awal sama
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Lilin
- Lampu tempel
- Kertas
- Pensil
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
- Penerapan SOP pembukaan
- Berdiskusi tentang api
- Berdiskusi tentang guna api
- Tari lilin
- Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
- Mengamati lilin / lampu
- Mewarnai gambar lilin
- Menghitung jumlah lilin ( ganjil , genap )
- Melengkapi huruf awal di bawah gambar
C.RECALLING:
- Merapikan alat-alat yang telah digunakan
- Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
- Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
- Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
- Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
- Menanyakan perasaannya selama hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- Menginformasikan kegiatan untuk besuk
- Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
- Mensyukuri atas nikmat Tuhan
- Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan ketrampilan
- Dapat menyebutkan guna api
- Dapat menirukan tari lilin
- Dapat mengamati lilin / lampu yang dinyalakan
- Dapat menghitung jumlah lilin
- Dapat mewarnai gambar lilin
- Dapat melengkapi huruf awal di bawah gambar
INDIKATOR PENILAIAN
Tabel program perkembangan
Nilai agama & moral
|
1.1-1.2 -2.13-3.1- 4.1- 3.2- 4.2
|
Fisik motorik
|
2.1- 3.3- 4.3- 3.4- 4.4
|
Kognetif
|
2.2-2.3 - 3.5 -4.5 -3.6
-4.6 -3.7 -4.7 -3.8 -4.8 -3.9-4.9
|
Bahasa
|
2.14 -3.10 -4.10 -3.11-4.11 -3.12 -4.12
|
Sosial emosional
|
2.5 - 2.6 -2.7-2.8 -2.9
-2.10 -2.11- 2.12 -3.13 -4.13
|
seni
|
2.4 -3.15- 4.15
|
NO
|
Program Perkembangan
|
KD
|
Indikator
|
|
1
|
Nilai agama & moral
|
|||
2
|
Fisik motorik
|
|||
3
|
Kognetif
|
|||
4
|
Bahasa
|
|||
5
|
Sosial emosional
|
|||
6
|
seni
|
1.Teknik Penilaian
Ø HASIL KARYA
HASIL
KARYA ANAK
|
HASIL
PENGAMATAN
|
Nama :
Hasil :
|
|
Nama :
Hasil :
|
CATATAN ANEKDOT
Tanggal :
Usia / Kelas :
NAMA
|
TEMPAT
|
WAKTU
|
PERILAKU / PERISTIWA
|
- Ceklis Perkelas
- Format Skala Capaian Perkembangan Harian
- Kelompok :…………………Tanggal: ……………..………
NO
|
INDIKATOR PENILAIAN
|
DONA
|
IDA
|
NITA
|
ADI
|
AGUS
|
DST
|
- Ceklis Per anak
- Format Skala Capaian Perkembangan Harian
- Nama : Kelompok :
- Minggu : Bulan :
NO
|
INDIKATOR PENILAIAN
|
TANGGAL
|
|||||
1
|
BSH
|
||||||
2.
|
MB
|
||||||
3.
|
MB
|
||||||
4.
|
BSH
|
||||||
5
|
MB
|
||||||
6.
|
MB
|
||||||
7
|
MB
|
||||||
8.
|
BB
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM
Semester/Minggu ke/Hari ke : II / 10 / 2
Hari /tgl : ……………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Api / Guna api
KD : 1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .2 – 4.2 – 3.4 – 4 .4 – 3 .12 – 4 .12
Materi :
- Api ciptaan Tuhan
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Mengetahui sebab akibat
- Perilaku baik / buruk
- Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
- Simpati terhadap orang yang terkena musibah
- Alat – alat
- Huruf awal sama
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Alat memasak air
- Kartu huruf
- Kertas
- Pensil
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
- Penerapan SOP pembukaan
- Berdiskusi tentang api
- Berdiskusi tentang guna api
- Merebus air di atas kompor
- Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
- Menyanyi lagu api
- Menyempurnakan / menjplak gambar kompor
- Mengurutkan pola ( lilin , dop , api unggun )
- Memasangkan kartu huruf sesuai benda
C.RECALLING:
- Merapikan alat-alat yang telah digunakan
- Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
- Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
- Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
- Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
- Menanyakan perasaannya selama hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- Menginformasikan kegiatan untuk besuk
- Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
- Mensyukuri nikmat Tuhan
- Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
- Dapat menyebutkan guna api
- Dapat menyanyi lagu api
- Dapat menyempurnakan gambar kompor
- Dapat mengurutkan pola
- Dapat memasangkan kartu huruf sesuai benda
- Dapat menceritakan cara menggunakan kompor
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM
Semester/Minggu ke/Hari ke : II / 10 / 3
Hari /tgl : ……………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Api / Sumber api
KD : 1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .4 – 4.4 – 3.10 – 4 .10.
Materi :
- Api ciptaan Tuhan
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Mengetahui sebab akibat
- Perilaku baik / buruk
- Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantua
- Alat – alat
- Menirukan 3 – 4 urutan kata
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Batang korek api
- Batu
- Kertas
- Pensil
Karakter : Peduli lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
- Penerapan SOP pembukaan
- Berdiskusi tentang api
- Berdiskusi tentang sumber – sumber api
- Tepuk api
- Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
- Menyebutkan sumber – sumber api
- Menghitung batang korek api
- Membuat bentuk api unggun dari batang korek api
- Mencoba membuat api dengan menggesekkan batu
C.RECALLING:
- Merapikan alat-alat yang telah digunakan
- Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
- Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
- Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
- Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
- Menanyakan perasaannya selama hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- Menginformasikan kegiatan untuk besuk
- Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan ketrampilan
- Dapat menyebutkan guna api
- Dapat menyebutkan sumber api
- Dapat menghitung batang korek api
- Dapat membuat bentuk api unggun dari batang korek api
- Dapat melakukan tepuk api
- Dapat mencoba membuat api dengan menggesekkan batu
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM
Semester/Minggu ke/Hari ke : II / 10 / 4
Hari /tgl : ……………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Api / Sumber api
KD : 1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .4 – 4.4 – 3.10 – 4 .10.
Materi :
- Api ciptaan Tuhan
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Mengetahui sebab akibat
- Perilaku baik / buruk
- Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantua
- Alat – alat
- Menirukan 3 – 4 urutan kata
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan:
- Kabel
- Lampu belajar
- Kertas
- Pensil
Karakter : Peduli sosial
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
- Penerapan SOP pembukaan
- Berdiskusi tentang api
- Berdiskusi tentang sumber – sumber api
- Berjalan lurus sepanjang kabel direntangkan
- Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
- Mengukur panjang kabel
- Membuat urutan bilangan
- Mengisi pola bentuk garis pada gambar lampu belajar
- Membedakan perilaku benar dan salah
C.RECALLING:
- Merapikan alat-alat yang telah digunakan
- Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
- Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
- Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
- Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
- Menanyakan perasaannya selama hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- Menginformasikan kegiatan untuk besuk
- Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan ketrampilan
- Dapat menyebutkan sumber api
- Dapat berjalan lurus sepanjang kabel direntangkan
- Dapat mengukur panjang kabel
- Dapat membuat urutan bilangan
- Dapat mengisi pola bentuk garis pada gambar lampu belajar
- Dapat membedakan perilaku benar dan salah
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM
Semester/Minggu ke/Hari ke : II / 10 / 5
Hari /tgl : ……………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Api / Sifat api
KD : 1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.11 – 3 .4 – 4.4 – 3.6 – 4 .6 – 3 .8 – 4 .8 – 3.12 – 4 .12
Materi :
- Api ciptaan Tuhan
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Mengetahui sebab akibat
- Perilaku baik / buruk
- Menyesuaikan diri dengan orang lain
- Alat – alat
- Sifat api
- Proses kerja api
- Huruf awal sama
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Kertas
- Arang
- Kertas
- Pensil
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
- Penerapan SOP pembukaan
- Berdiskusi tentang api
- Berdiskusi tentang sifat api
- Bermain kata berantai
- Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
- Membakar kertas
- Menggambar bebas dengan arang
- Mengelompokkan kata yang mempunyai huruf awal sama
- Menceritakan proses terjadinya abu / arang
C.RECALLING:
- Merapikan alat-alat yang telah digunakan
- Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
- Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
- Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
- Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
- Menanyakan perasaannya selama hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- Menginformasikan kegiatan untuk besuk
- Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.. Pengetahuan dan ketrampilan
- Dapat menceritakan proses terjadinya abu
- Dapat melakukan permainan fisik kata berantai
- Dapat mencoba membakar kertas
- Dapat menggambar bebas dengan arang
- Dapat mengelompokkan kata yang mempunyai huruf awal saama
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK DARUSALAM TAYEM
Semester/Minggu ke/Hari ke : II / 10 / 6
Hari /tgl : ……………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Api / Bahaya api
KD : 1.1 – 1.2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.10 – 3 .1 – 4.1 – 3.2 – 4 .2 – 3 .5 – 4 .5 – 3.12 – 4 .12
Materi :
- Api ciptaan Tuhan
- Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Menjaga kebersihan lingkungan
- Mengetahui sebab akibat
- Perilaku baik / buruk
- Toleransi
- Beribadah
- Simpati terhadap orang yang terkena musibah kebakaran
- Konsep penjumlahan
- Cerita tentang kebakaran
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar
- Alat pemadam api
- Kertas
- Pensil
Karakter : Toleransi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
- Penerapan SOP pembukaan
- Berdiskusi tentang api
- Berdiskusi tentang bahaya api
- Dramatisasi kebakaran ( memadamkan api )
- Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
- Bercerita tentang kebakaran
- Membedakan dua benda
- Menyebutkan benda yang mudah terbakar
- Mencocok gambar alat pemadam api
C.RECALLING:
- Merapikan alat-alat yang telah digunakan
- Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
- Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
- Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
- Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
- Menanyakan perasaannya selama hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- Menginformasikan kegiatan untuk besuk
- Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
- Menumbuhakan sikap peduli sosial
- Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan ketrampilan
- Dapat menceritakan bahay api
- Dapat melakukan dramatisasi memadamkan kebakaran
- Dapat bercerita tentang kebakaran
- Dapat membedakan dua benda
- Dapat menyebutkan benda yang mudah terbakar
- Dapat mencocok gambar alat pemadam api
izin copy min
ReplyDelete