Skip to main content

BAB V, VI, VII KURIKULUM 2013 PAUD

Berikut ini saya bagikan untuk BAB V, BAB VI, BAB VII Kurikulum 2013 PAUD sebagai lanjutan dari BAB I, II, III, dan BAB IV yang sudah saya bagikan sebelumnya.

BAB  V
STRUKTUR  KURIKULUM


  • STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan Kompetensi Inti yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap Kompetensi Inti di TK dituangkan dalam Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan Indikator dalam struktur kurikulum. Kompetensi Inti yang dimaksud terdiri atas Kompetensi Dasar yang dikembangkan melalui materi atau program program yang disusun oleh TK..
  • Struktur kurikulum Taman Kanak-Kanak Darusalam meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan pada usia anak 4 - 6 tahun. Struktur kurikulum TK disusun berdasarkan standar pendidikan anak usia dini yang meliputi ;
  • Sikap Spiritual
  • Sikap Sosial
  • Pengetahuan
  • Ketrampilan
  • Kegiatan Pengembangan diri yang dikembangkan di Taman Kanak-Kanak Darusalam bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi TK. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
  • Jam kegiatan efektif per hari 2,5 jam (150 menit) dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Alokasi waktu satu jam kegiatan adalah 30 menit, dengan perincian : 
    • Kegiatan awal + 30 menit
      • Kegiatan Inti + 60 menit
      • Istirahat + 30 menit
      • Kegiatan Akhir + 30 menit
  • Minggu efektif dalam satu tahun kegiatan (dua semester) adalah 34 minggu, tiap semester terdiri dari 17 minggu.
BAB  VI
KALENDER PENDIDIKAN

Kurikulum Taman Kanak-Kanak Darusalam pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan yang dikembangkan oleh TK pada setiap tahun pelajaran.


  • Ketentuan-ketentuan
  • Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.
  • Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran.
  • Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran.
  • Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk setiap bidang pengembangan, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  • Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran. Waktu libur dapat berbentuk tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pembelajaran, hari libur keagaman, hari libur umum, termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
  • Penetapan Kalender Pendidikan
  • Permulaan tahun Pelajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
  • Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagaman, Kepala Pemerintahan tingkat Kabupaten, dan/atau organisasi penyelenggaraan pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
  • Pemerintah Pusat/Provinsi Jawa Tengah dapat menetapkan hari libur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.
  • Kalender pendidikan Taman Kanak-Kanak Darusalam disusun oleh sekolah berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain adalah alokasi waktu sebagaimana tersebut pada pedoman dalam SI dengan memperhatikan ketentuan dari pemerintah.
KALENDER PENDIDIKAN
TK DARUSALAM TAYEM
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

No.
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
1
17-19 Juli 2017
Adaptasi Anak Didik Baru

2
20 Juli 2017
Hari Pertama Efektif

3
17 Agustus 2017
Upacara HUT RI Tingkat Kec. karangpucung

4
18 Agustus 2017
Karanaval Pembangunan

5
20 Agustus 2017
Lomba Anak tingkat TK Darusalam

6
1 September 2017
Hari Raya Idul Adha

7
6 September 2017
Musyawarah Manasik Haji

8
11 September 2017
Manasik Haji

9
23 September 2017
Musyawarah RAPBTK

10
13 Nopember 2017
Kunjungan Puncak Tema ke Kemit

11
24 Februari 2018
Praktek membuat Bakwan

12
3 Maret 2018
Praktek merebus telur dalam rangka sub tema api

13
4 April 2018
Kunjungan ke Stasiun KA

14
4 April 2018
Karyawisata ke Purwokerto


Dst................



BAB VII
PENUTUP

A. Simpulan.
Dalam penyusunan Kurikulum Taman Kanak-kanak Darusalam, kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap ini. Kami menyadari masih banyak kelemahan dan kekurangan yang memerlukan penyempurnaan dari banyak pihak, oleh karena itu kami membuka diri untuk menerima kritik serta saran demi kesempurnaannya.

Semoga Kurikulum TK Darusalam ini dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang pelaksanaan proses pembelajaran di Taman kanak-kanak dan dapat dijadikan pedoman bagi teman-teman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga kehadiran Kurikulum TK Darusalam ini benar-benar ada manfaatnya bagi peserta didik,guru,tenaga kependidikan dan masyarakat pada umumnya.

B. Saran
Kurikulum yang sudah tersusun ini harus betul betul dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan , oleh karena itu  disarankan kepada :

1. Kepala TK Darusalam
Kepala TK Darusalam bertanggungjawab mengawal keterlaksanaan kurikulum ini dan mengevaluasinya untuk perbaikan dan inovasi.

2. Guru TK
Guru TK Darusalam bertanggungjawab mengimplementasikan kurikukulum ini  ke dalam pembelajaran sesuai dengan aturan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan , dan sekaligus mengadakan evaluasi untuk memberikan masukan dalam perbaikan dan ivonasi.

3. Tenaga kependidikan.
Tenaga kependidikan di TK Darusalam berkewajiban membantu kepala TK dan guru agar pelaksanaan kurkulum ini dapat berjalan lancar.

4. Komite TK
Komite TK Darusalam berkewajiban memfasilitasi pelaksanaan kurikulum ini agar dapat berjalan lancar dan optimal.







Comments

Popular posts from this blog

CONTOH COVER dan LEMBAR PENGESAHAN KURIKULUM 2013 PAUD

Para pembaca, berikut ini saya bagikan contoh lembar pengesahan kurikulum 2013 PAUD, mohon koreksi apabila ada kesalahan pada tulisan saya ini.                    PEMERINTAH KABUPATEN ................................................... DINAS PENDIDIKAN UNIT PELAKSANA TEHNIS DINAS TAMAN KANAK - KANAK ...................................................................... JL. ............................................................... TELP. …… -.................   KODE POS...............                                                                      KURIKULUM 2013 TK ................................................................ TAHUN PELAJARAN 2017...

CONTOH RPPH PAUD 2013 TEMA AIR, UDARA, API MINGGU KE-10

Berikut ini saya bagikan contoh RPPH PAUD 2013 Tema Air, Udara, Api sebagai bahan referensi bagi kita semua dalam mempersiapkan pembelajaran baik secara administrasi ataupun secara prakteknya. RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) TK DARUSALAM TAYEM Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 1 Hari /tgl :   ………………………………………. Kelompok usia :   B Tema/sub tema :   Api  /  Guna api KD :  1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .2 – 4.2 – 3.4 – 4 .4 – 3 .12 – 4 .12  Materi :   Air ciptaan Tuhan Bersyukur atas nikmat Tuhan Menjaga kebersihan lingkungan Mengetahui sebab akibat Perilaku baik / buruk Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan Simpati terhadap orang yang terkena musibah Alat – alat Huruf awal sama Kegiatan main  : Kelompok dengan kegiatan pengaman  Alat dan bahan :   Lilin Lampu tempel Kertas  Pensil   Karakter :...