Guru perlu mengikuti perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan dan pengajaran, terutama hal-hal yang menyangkut pelaksanaan tugas-tugas pokoknya di sekolah. Disamping kegiatan akademis, guru harus mampu menyelenggarakan administrasi sekolah, menurut Ary Gunawan (1989) dalam Djam'an Satori, dkk (2012:2.31-2.32) guru diharapkan :
- mengenal secara baik pengadministrasian kegiatan sekolah,
- membantu dalam melaksanakan kegiatan administrasi sekolah
- mengatasi kelangkaan sumber belajar bagi dirinya dan bagi sekolah, serta
- membimbing peserta didik merawat alat-alat pelajaran dan sumber belajar secara tepat.
Untuk lebih memahami penyelenggaraan administrasi sekolah, guru dapat melakukan kegiatan-kegiatan, antara lain :
- mempelajari struktur organisasi dan administrasi persekolahan.
- mempelajari fungsi dan tanggung jawab administrasi guru, kepala sekolah dan kantor-kantor dinas pendidikan,
- mempelajari peraturan-peraturan kepegawaian pada umumnya dan peraturan kepegawaian guru pada khususnya,
- menyelenggarakan administrasi sekolah, serta
- mempelajari prinsip-prinsip dan prosedur pengelolaan program akademik
Kali ini saya akan berbagi tentang Kurikulum 2013 PAUD di lembaga TK saya mengajar sebagai referensi bagi para pembaca sekalian yang akan membuat Kurikulum 2013 PAUD. Yang harus dipersiapkan untuk dilampirkan dalam pembuatan Kurikulum 2013 PAUD adalah sebagai berikut :
- Profil dan Kurikulum
Yang harus dicantumkan dalam penulisan profil lembaga antara lain sebagiai berikut :
BAB I
PROFIL LEMBAGA
A. Profil Lembaga TK ............................
- Nama sekolah TK :
- Status TK :
- Tahun beroperasi :
- SK Pendirian TK :
- Nama Kepala TK :
- SK Kepala TK :
- Alamat Kepala TK : Jl.
Telp. 0355-....................... / HP. ..............................
- Komponen Lahan TK
- Luas Total Tanah TK : m²
- Luas Total Bangunan : m²
- Tahun Dibangun :
- Tahun Berdiri TK :
- Tahun Rehabilitasi :
- Data Ruang TK
Nama Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran (m)
|
Keterangan
|
||
Ruang
Kelas
|
|||||
Ruang
Kepala TK
|
|||||
Ruang
Kerja Guru
|
|||||
Ruang
Tata Usaha
|
|||||
Ruang
UKS
|
|||||
KM/WC
guru
|
|||||
Dapur
|
|||||
Gudang
|
|||||
Ruang
Terbuka ( Speelood )
|
|||||
KM/WC
Anak
|
|||||
Lainnya
|
|||||
- Data Jumlah Anak Didik 3 ( tiga ) tahun Terakhir
Kelas
|
Jumlah
Siswa ( orang )
|
||
Putra
|
Putri
|
Total
|
|
2013/2014
|
|||
2014/2015
|
|||
2015/2016
|
|||
·
|
Data
Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
|
||||
Klasifikasi
Guru
|
Jumlah
Guru
|
Kurang
|
Berlebih
|
||
PNS
|
|||||
Guru
Honor Tetap TK
|
|||||
GTT/PTT
|
|||||
Staf
Tata Usaha
|
|||||
Petugas
Pembantu
|
|||||
Lainnya
(sebutkan) :
|
|||||
B. Sejarah singkat TK ..........................................
C. Alamat Dan Peta Lokasi TK
- Alamat TK :
- Peta Lokasi :
D. Status TK
- Status : TK
Setelah penulisan profil lembaga pada BAB I kemudian dilanjutkan untuk penulisan BAB II, penulisan BAB II akan saya bagikan pada kesempatan yang akan datang, mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam tulisan yang saya bagikan.
Comments
Post a Comment