Skip to main content

BAB I KURIKULUM 2013 PAUD

Guru perlu mengikuti perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan dan pengajaran, terutama hal-hal yang menyangkut pelaksanaan tugas-tugas pokoknya di sekolah. Disamping kegiatan akademis, guru harus mampu menyelenggarakan administrasi sekolah, menurut Ary Gunawan (1989) dalam Djam'an Satori, dkk (2012:2.31-2.32) guru diharapkan :

  1. mengenal secara baik pengadministrasian kegiatan sekolah,
  2. membantu dalam melaksanakan kegiatan administrasi sekolah
  3. mengatasi kelangkaan sumber belajar bagi dirinya dan bagi sekolah, serta
  4. membimbing peserta didik merawat alat-alat pelajaran dan sumber belajar secara tepat.

Untuk lebih memahami penyelenggaraan administrasi sekolah, guru dapat melakukan kegiatan-kegiatan, antara lain :

  1. mempelajari struktur organisasi dan administrasi persekolahan.
  2. mempelajari fungsi dan tanggung jawab administrasi guru, kepala sekolah dan kantor-kantor dinas pendidikan,
  3. mempelajari peraturan-peraturan kepegawaian pada umumnya dan peraturan kepegawaian guru pada khususnya,
  4. menyelenggarakan administrasi sekolah, serta
  5. mempelajari prinsip-prinsip dan prosedur pengelolaan program akademik

Kali ini saya akan berbagi tentang Kurikulum 2013 PAUD di lembaga TK saya mengajar sebagai referensi bagi para pembaca sekalian yang akan membuat Kurikulum 2013 PAUD. Yang harus dipersiapkan untuk dilampirkan dalam pembuatan Kurikulum 2013 PAUD adalah sebagai berikut :

  1. Profil dan Kurikulum
Yang harus dicantumkan dalam penulisan profil lembaga antara lain sebagiai berikut :

BAB I
PROFIL LEMBAGA

A.    Profil Lembaga TK  ............................
  1. Nama sekolah TK :
  2. Status TK :
  3. Tahun beroperasi :  
  4. SK Pendirian TK :
  5. Nama Kepala TK :
  6. SK Kepala TK :
  7. Alamat Kepala TK : Jl. 
Telp. 0355-....................... / HP. ..............................
  • Komponen Lahan TK
  1. Luas Total Tanah TK :      m²
  2. Luas Total Bangunan :      m²
  3. Tahun Dibangun :
  4. Tahun Berdiri TK :
  5. Tahun Rehabilitasi :
  • Data Ruang TK


Nama Ruang
Jumlah
Ukuran (m)
Keterangan
Ruang Kelas



Ruang Kepala TK



Ruang Kerja Guru



Ruang Tata Usaha



Ruang UKS



KM/WC guru



Dapur



Gudang



Ruang Terbuka ( Speelood )



KM/WC Anak



Lainnya



  • Data Jumlah Anak Didik 3 ( tiga ) tahun Terakhir

Kelas
Jumlah Siswa ( orang )
Putra
Putri
Total
2013/2014



2014/2015



2015/2016







·          


Data Pendidik Dan Tenaga Kependidikan

Klasifikasi Guru
Jumlah Guru
Kurang
Berlebih
PNS



Guru Honor Tetap TK



GTT/PTT



Staf Tata Usaha



Petugas Pembantu



Lainnya (sebutkan) :



B. Sejarah singkat TK ..........................................
C. Alamat Dan Peta Lokasi TK 
  • Alamat TK :
  • Peta Lokasi :
D. Status TK 
  • Status : TK
Setelah penulisan profil lembaga pada BAB I kemudian dilanjutkan untuk penulisan BAB II, penulisan BAB II akan saya bagikan pada kesempatan yang akan datang, mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam tulisan yang saya bagikan.



Comments

Popular posts from this blog

CONTOH COVER dan LEMBAR PENGESAHAN KURIKULUM 2013 PAUD

Para pembaca, berikut ini saya bagikan contoh lembar pengesahan kurikulum 2013 PAUD, mohon koreksi apabila ada kesalahan pada tulisan saya ini.                    PEMERINTAH KABUPATEN ................................................... DINAS PENDIDIKAN UNIT PELAKSANA TEHNIS DINAS TAMAN KANAK - KANAK ...................................................................... JL. ............................................................... TELP. …… -.................   KODE POS...............                                                                      KURIKULUM 2013 TK ................................................................ TAHUN PELAJARAN 2017...

CONTOH RPPH PAUD 2013 TEMA AIR, UDARA, API MINGGU KE-10

Berikut ini saya bagikan contoh RPPH PAUD 2013 Tema Air, Udara, Api sebagai bahan referensi bagi kita semua dalam mempersiapkan pembelajaran baik secara administrasi ataupun secara prakteknya. RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) TK DARUSALAM TAYEM Semester/Minggu ke/Hari ke :   II / 10 / 1 Hari /tgl :   ………………………………………. Kelompok usia :   B Tema/sub tema :   Api  /  Guna api KD :  1. 1 – 1. 2– 2 .1 – 2 .2 – 2.6 – 2.12 – 3 .2 – 4.2 – 3.4 – 4 .4 – 3 .12 – 4 .12  Materi :   Air ciptaan Tuhan Bersyukur atas nikmat Tuhan Menjaga kebersihan lingkungan Mengetahui sebab akibat Perilaku baik / buruk Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan Simpati terhadap orang yang terkena musibah Alat – alat Huruf awal sama Kegiatan main  : Kelompok dengan kegiatan pengaman  Alat dan bahan :   Lilin Lampu tempel Kertas  Pensil   Karakter :...

BAB V, VI, VII KURIKULUM 2013 PAUD

Berikut ini saya bagikan untuk BAB V, BAB VI, BAB VII Kurikulum 2013 PAUD sebagai lanjutan dari BAB I, II, III, dan BAB IV yang sudah saya bagikan sebelumnya. BAB  V STRUKTUR  KURIKULUM STRUKTUR KURIKULUM Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan Kompetensi Inti yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap Kompetensi Inti di TK dituangkan dalam Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan Indikator dalam struktur kurikulum. Kompetensi Inti yang dimaksud terdiri atas Kompetensi Dasar yang dikembangkan melalui materi atau program program yang disusun oleh TK.. Struktur kurikulum Taman Kanak-Kanak Darusalam meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan pada usia anak 4 - 6 tahun. Struktur kurikulum TK disusun berdasarkan standar pendidikan anak usia dini yang meliputi ; Sikap Spiritual Sikap Sosial Pengetahuan Ketrampilan Kegiatan Pengembang...